10 Januari 2012

Kucing Budeg/Tuli [odd eye =kucing beda warna mata]

Alkisah pada suatu malam, Juno yang lagi dikurung dalam sangkar ama emaknya mengeong2 tidak karuan, Dalam batin saya bertanya apakah gerangan yang terjadi pada si Juno. Karena iba dan kasihan mendengar erangan dan desahan dari si Juno akhirnya aku memutuskan mendekati dan mencoba mengajak ngobrol si Juno.

Setelah agak lama aku ngajak ngomong si Juno bahkan sampe mulutku hampir sedikit berbusa, tidak ada tanggapan sedikitpun dari si Juno, bahkan menoleh ke arahku pun engga. tak berapa lama temenku sekontrakan keluar dari kamarnya dan ngasih tau kalo ternyata kucing itu budeg, atau tidak bisa mendengar. //hah "aneh" masa ya ada kucing budeg, dia pun jawab coba aja liat tuh matanya beda warnanya, itu tanda tandanya kucing budeg.

Lama aku pandangi mata Juno, ternyata emang bener matanya beda warna, soal budegnya sih keliatannya emang bener. Soalnya sampe mau berbusa nih mulut tampaknya si Juno ndak respek sedikitpun sama suaraku yang merdu ini.

Karena penasaran akhirnya aku bertanya sama dukun andalanku tentang pertanyaan dalam lubuk hatiku ini. Dan inilah beberapa jawaban dari mbah dukun..

Kucing Putih Bermata Biru Itu Tuli
sumber dari sini
Beberapa kucing dengan mata biru memang tuli. Sebab dan bagaimana terjadinya akan diterangkan dalam artikel ini.

Warna mata kucing dipengaruhi oleh warna tapetum lucidum, sebuah lapisan yang terdapat dalam bola mata. Pada saat dalam rahim, tapetum dan sel pigmen (sel yang berhubungan dengan warna bulu, disebut juga melanosit) berkembang dari sel yang sama. Selaput dalam telinga yang penting dalam mekanisme pendengaran juga berasal dari sel yang sama. Jadi bila seekor kucing tidak mempunyai tapetum atau tapetumnya tidak berkembang dengan baik, bisa jadi sel pigmen dan selaput pada telinga juga tidak berkembang dengan baik.

Kucing dengan warna bulu putih murni sangat jarang, hanya sekitar 5 % dari populasi kucing. Kucing yang seluruh badannya berwarna putih belum tentu putih murni. Kucing-kucing ini biasanya pada saat lahir mempunyai warna abu atau warna gelap di daerah antara telinga. Warna ini bisa menghilang setelah kucing berumur beberapa minggu.

Warna mata biru pada kucing putih murni menunjukkan kucing tersebut mempunyai tapetum yang kurang berkembang. Karena tapetum, sel pigmen dan selaput telinga berasal dari sel yang sama, ada kemungkinan kucing tersebut tuli.

Kucing putih dengan warna mata berlainan, disebut juga odd eye. Satu mata berwarna biru, lainnya berwarna kuning/oranye. Pada kucing putih murni, bisa saja telinga pada sisi yang sama dengan mata biru, tidak dapat mendengar. Sedangkan telinga pada sisi mata berwarna oranye/kuning, masih normal. Kucing odd eye dengan warna putih tidak murni, biasanya tidak tuli.
  • 95% kucing tidak murni berwana putih. Cacat tuli bawaan sangat jarang sekali terjadi pada kucing yang tidak berwarna putih.
  • 5% populasi kucing berwarna putih murni. Sekitar 15-40 % dari kucing-kucing ini mempunyai satu atau dua mata yang berwarna biru.
  • Sekitar 60-80% dari kucing-kucing dengan dua mata berwarna biru tersebut tuli. Sekitar 30-40% dari kucing dengan satu mata berwarna biru mempunyai cacat tuli.


ODD EYE
sumber dari sini
Apakah yang disebut dengan odd eye pada kucing? Kalau diterjemahkan secara harafiah, odd eyed cat adalah kucing bermata aneh, ya memang benar aneh tampaknya tapi dimana letak keanehannya? Kucing disebut odd eye kalau warna dari kedua matanya berbeda, dimana salah satunya biasanya berwarna biru dan yang lainnya berwarna non biru.

Sebagaimana kita ketahui bahwa warna mata kucing yang kita lihat dipengaruhi oleh tingkat pigmentasi pada iris matanya dan juga refleksi ataupun absorbsi dari cahaya yang kita tangkap dengan mata kita. Secara gampangnya, kucing berwarna mata biru karena dia tidak mempunyai melanin pigment pada matanya! Biru berarti kosong, seperti kita melihat langit atau lautan berwarna biru karena pada dasarnya langit dan laut tidak berwarna, dan warna biru yang kita lihat sebenarnya adalah pantulan dari gelombang warna biru (gelombang terpendek dari sinar matahari yang bisa ditangkap mata manusia). Sebaliknya warna mata non biru dipengaruhi karena adanya pigmentasi melanin, dimana kadar pigmentasi ini menentukan "tingkat kedalaman warna mata", dimulai dari warna hijau yang dianggap pigmentasi yang paling dangkal sampai warna copper yang dianggap mempunyai kumulasi melanin tertinggi.

Lalu bagaimana kita menjelaskan terjadinya fenomena perbedaan pigmentasi warna mata pada kucing odd eye? Teori genetika saat ini menganggap bahwa kucing menjadi odd eye karena dipengaruhi kerja salah satu dari dua gen, yaitu gen dominant white (W) atau spotting gene (S). Kita tahu bahwa gen dominan W membuat bulu kucing jadi berwarna solid white dan gen dominan S membuat warna kucing menjadi sebagian white atau yang kita kenal dengan bi-color. Sistem kerja dari dua gen ini mirip, yaitu keduanya menghambat pigmentasi yang kemudian akan membuat bulu jadi tidak berwarna (putih). Hanya bedanya gen W memblokir semua warna sedangkan gen S hanya sebagian warna.

Terjadinya perbedaan warna mata pada kucing secara teoritis dijelaskan sebagai berikut: Pertama, pada waktu terjadi pembuahan sel telur oleh sperma dan tumbuhlah janin dalam rahim maka semua sel mengalami pembelahan. Beberapa sel berkembang menjadi sel melanocyte yang bertugas memberikan warna pada bulu, termasuk juga warna mata. Seperti dijelaskan di atas bahwa gen W dan S bertugas memblokir pewarnaan ini. Akan tetapi pada mata bisa terjadi pemberian warna mata terus terjadi sampai sel berkembang menjadi janin, dalam kasus ini warna mata kucing akan normal. Sebaliknya bila pigmentasi berhenti sebelum sel berkembang menjadi janin, maka warna mata akan menjadi biru. Pada kasus odd eye, pigmentasi pada kedua mata tidak berjalan bersamaan, dan salah satu matanya berhenti mengalami pigmentasi lebih cepat dibanding yang lain.

Kesimpulan :
Tidak semua kucing berwarna putih adalah putih murni.
Ketuli-an hanya terjadi pada kucing putih murni yang bermata biru, inipun hanya 60-80 % -nya.
Pada Kucing putih murni dengan odd eye hanya sekitar 30-40 %-nya saja yang tuli.
jadi si Juno termasuk kucing putih dengan mata odd eye yang budeg kali ya... ssstttt!! jangan kenceng2 maknya baru pulang, ntar maknya marah lagi kalo denger anaknya kita gossipin.. hihihi

Artikel Terkait:

29 comments

10 Januari 2012 08.26

ngga suka kucing~
tapi nice juga infonya

10 Januari 2012 09.22

Kucing putih murni dengan odd eye ? beluum pernah liat...bahkan kucing putih dengan mata gak biru juga belum tau...

10 Januari 2012 09.50

@Ririe Khayan kesini aja kalo mau liat... nih ada dalam kandang kucingnya... hihihihi

10 Januari 2012 11.31

saya juga aneh dengernya ko ada kucing tuli,,heheh,kalau disaya alhamdulilah kucingnya gak tuli,,heheheh,malah kalau diajak ngobrol ssuka ngejawab itu kucing emang ngerti bahasa aku,hehehhe

10 Januari 2012 12.06

kasihan ya sampai tuli gitu.

10 Januari 2012 12.32

saya suka sama kucing gan. tapi saya ga perna liat ada yg ky gini..
emang beneran ada gan? haha
ditunggu kunjungan baliknya ya gan
happy blogging :)

10 Januari 2012 16.15

wah dulu pernah ada kucing 1 di rumah, cuma susah ngerawatnya, jadi oper ke saudara...hahah

10 Januari 2012 16.53

aku baru tahu, kasihan yah :(

10 Januari 2012 19.32

kalau kucing yang warna matanya beda tuch aku pernah liat di acara on the spot. hehehehe.....

kasian ya, kalau kucing tuli. untungnya kucingku gak termasuk, soalnya warna bulunya coklat.

10 Januari 2012 20.31

baru ngerti nich sob..... wooooowwwwwwwwww

Salam persahabatan selalu dr MENONE

10 Januari 2012 20.52

info mata kucingnya keren...

dulu punya kucing... skrg ngga... ngilang :(

Jadi pengen merhatiin mata kucing secara seksama :)

10 Januari 2012 21.26

Eh keren-keren.
Baru tauuu...
Aku pun ga suka kucing, jadi gak pernah liat matanya @_@

10 Januari 2012 22.15

wow.. baru tau nii masalah tapetum itu :( ternyata kucing bisa seperti itu iia ;(

Anonim
22 April 2012 10.57

ooh gitu ya aku punya aku sama loh

Anonim
6 Juli 2012 23.49

kucing dirumahku juga putih murni dgn mata biru dan dia Tuli.
Kucingnya berisik siang malam sampe yg di rmh ga bs tdr nyenyak,tp mau dibuang jg kasian. Dulu sempat ada yg mau tp dibalikin lg krna ga kuat sama berisiknya.
Ada yg mau ga yah?

Anonim
6 Juli 2012 23.49

kucing dirumahku juga putih murni dgn mata biru dan dia Tuli.
Kucingnya berisik siang malam sampe yg di rmh ga bs tdr nyenyak,tp mau dibuang jg kasian. Dulu sempat ada yg mau tp dibalikin lg krna ga kuat sama berisiknya.
Ada yg mau ga yah?

2 Juli 2014 14.05

jadi kucingku tuli dong ?? >> kasian si milky :(
dia pny 2 warna mata yang berbeda .. yang sebelah warna biru .. yang sebelahnya lagi warna abu-abu
dan warna bulunya putih murni >> sabar ya milky

19 September 2014 15.19

Gw punya kucing lokal oddy eye (biru & kuning) kalo kena cahaya malam hari yg biru jd merah. Betina umur 1 thn warna bulu kuning-putih-abu. Pengen lepas harga nego.
Hub. 085275888099 (SUMUT) bagi yg serius.

11 Oktober 2014 13.27

Kucingku putih murni odd eye

Anonim
8 November 2014 16.59

Aku punya kucing baru gan, odd eye pula. Tapi aku gk tau dia jenis odd eye yg tuli atau engga. Gimana ya cara ngebedain lebis jelasnya dia tipe odd eye tuli atau engga .??

19 November 2014 12.04

Thx infonya, kucing putih ku 2 ekor,yg jantan dg mata biru,yg betina mata coklat, kalo jantan terbukti tuli, kalo betina masih ragu antara tuli ato ga....

31 Maret 2015 17.32

Terimakasih

13 September 2015 23.28

terima kasih informasinya,

24 Oktober 2015 13.43

Aku jga pnya kucing lokal odd eye biru dan kuning, wrna bulunya putih hitam, jntan umurnya bru 3 bln, kucingnya pnter dan lucu,, kucing kecil lesayanganku

6 Desember 2015 10.46

Wahh persis banget kaya kucing guaa . Warna bulunya putih semua,matanya warna biru sama coklat keorenan gitu. Padahal kucing gua itu nemunya didepan rumah pas baru lahir . Sekarang umurnya udah 7 bulan. Udah gede lagi,dulu mah masih kecil belum bisa apa apa

13 Desember 2015 15.06

Aku baru tau kalo ada kucing tuli
Udh 2bln q pelihara kucing persia putih mata biru. Tiap kali dipanggil gak pernah nge respon. Diajak ngomong atau ada suara berisik juga gak ada tanggepan
Dan hari ini batu tau kemungkinan dia tuli setelah baca blog ini. Sedih dengernya ����

17 Desember 2015 12.48

Ane ada gan kicing putih murni n odd eyes......

25 Januari 2016 00.10

Baru kemarin hr jumat aq nemu kucing warnanya putih bersih ada cprak abu abu di dahinya matanya biru sama satunya hijau... g kutuan pula... ..tp dia sakit... doain aq bisa ngrawat kucingnya ya... jadi sayang baget sama si nilly

5 Agustus 2016 06.44

Ada yg mau jual ke aku ga meongnya yg tuli ato enda terserah deh... Aq pingin megang buluny :'(

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

bagi yang koneksinya lagi sakit/make HP/kesulitan dengan kotak komentar dibawah, silahkan klik link kotak komentar klasik diatas untuk meninggalkan komentar

RanGGaGoBloG Copyright © 2009 TEMPLATESsimple black red by ranggagoblog templates