22 Mei 2009

Lelap

huuufw......
sebel juga lama lama ama penyakit yang satu ini... mau gak mau penyakit yang satu ini memang bikin jadi gak sehat.. huhuhuhuhu....
bukan penyakit lelap seerti yang tertera pada judulnya.. tapi malah kebalikan dari ntuuh judul... yaps....
penyakitnya adalah Insomnia. dari sumber yang dapat sya percaya *wikipedia* insomnia sendiri berarti gejala kelainan dalam berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.
menyebalkan bukan...... *iya.....*
akhirnya berbekal kekurangan saya tersebut saya berusaha mencari obat penawarnya di mbah guugle.. *google* banyak sekali cara pemecahan dan berbagai macam pula tips dan trik yang ditawarkan... ada salah satunya yang menyarankan saya untuk memakan kangkung sebanyak banyaknya sebelum saya tidur alesannya karena ektrak kangkung untuk campuran obat tidur. *emang dipikir aku kelinci apa doyan kangkung*
huhuhuhu.. sampe sempet frustasi juga akhirnya aku memutuskan beli obat... yang ntuuh obat judulnya sama dengan judul postingan....
yaps semalem akhirnya aku sempetin ke apotek buat menebus si obat yang berjudul lelap ini... yang ada... bukannya aku jadi ngantuk dan tertidur lelap... yang ada malah tidurku gak bisa nyenyak karena mesti setiap setengah jam aku harus kebangun.... huhuhhuhuuhu......

akhirnya setelah muter muter dari satu jendela ke jendela yang lain, aku temukan beberpa tips yang lebih realistis dan menurut saya patut kita coba bersama,..
  1. Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.
  2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda.
  3. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.
  4. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.
  5. Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.
  6. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.
  7. Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.
  8. Gunakanlah tempat tidur anda khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.
  9. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur.
  10. Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.
  11. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.
naaah lebih realistis kan daripada beberapa tips sebelumnya... niih tips aku dapet dari sini, semoga beberapa tips ini dapet membantu kita yang terkena serangan si insom inih... hihihihi...

mari kita praktekkan bersama sama...


ranggagoblog

Artikel Terkait:

23 comments

22 Mei 2009 11.32

ck ck wi gambar opo tho yo ning saidbar mu, jah
weh genti leiout e

22 Mei 2009 11.37

insomnia????!!!


aku juga sering tuh ngalaminnya,, pas di kampus aja ngantuuuukkkk banget,, tapi pas udah pulang ke rumah dan guling di tempat tidur kok matanya malah ngambek yah? a mau tidur rasanya,, sebel juga iihh...

22 Mei 2009 12.10

wah mas postingan ini hampir sama spt punyaq dulu,he...
btw mas gmbar itu tuh...kok d pajang sih, awas kena uu pornografi perpatungan lohh...

22 Mei 2009 12.20

@mbak ebong : iyu mbak... ben rodok sangar... kefeminimen sing wingi... hihihihi sing penting nama penciptane teteup nongool nang foother...
@yolizz : senasib yaah...
@polar : waaah... kebetulan dooong,,, soalnya tipsnya juga boleh ngambil tadi,, tuuh kan udah ada reverernya,,, hihihi..

22 Mei 2009 12.41

Aku kalo lagi insomnia nonton MTV insomnia aja..
presenternya gantenggggg...

22 Mei 2009 13.00

@itik : untung penyiarnya bukan aku..... *msti tmbah mimpi buruk* :))

22 Mei 2009 13.45

wah gambar patung apa itu sob di sebelah

22 Mei 2009 13.46

siang sob lagi apa neh berkunjung daku padamu siang neh kunjung balik ya

22 Mei 2009 13.58

kalo aq paling manjur minum kopi ( yg harganya 500 1 botol gelasan)..kaya semalm..jam 3 baru bs tidur gara2 minum itu

22 Mei 2009 15.47

Patung arcanya mirip ama aku tuh 'itu' nya... Hahahaha
rubah pikiran mu untuk senyaman mungkin.bingung yah?jgn dong!

22 Mei 2009 15.52

thanks for tips nya...
bener banget itu, tubuh kita juga punya jam tubuh. kapan biasa istirahat, kerja, dst...
makanya orang yg kerja shift-shiftan biasanya jam tubuhnya jadi kacau. yang biasanya dia tidur harus diajak kerja, yg biasanya dia kerja harus diajak tidur...

22 Mei 2009 16.00

olalah cah jakal km 13 yo??

ku jakal sebelas coi...

WS masuk,,,wkwkwkwkwkwk...
salam kenal

22 Mei 2009 18.36

kunjungan balik dari seleb, wkwkwkwkwkwkw!!! salam kenal mas rangga!

22 Mei 2009 19.41

insomnia sejak kapan, ngga??? bukan sejak lahir donk??? semoga loe bs tidur pulas ya klw malam...

22 Mei 2009 20.13

berolahraga, makan, hidup teratur

kalo ga bisa tidur, hitung domba dalam pikiran,
kalo ga bisa juga, pakai kalkulator

22 Mei 2009 20.21

kalo lagi kumat insomnia mending minum kopi aja biar sekalian ga bisa tidur. kan bisa begadang nge blog!!

22 Mei 2009 21.50

Prof kagak bisa tidur di bawah jam 12...!!

Bisa tidurnya di atas kasur empuk..wkkkk..kk...

22 Mei 2009 23.53

@bunga raya : ituuh patung oleh oleh dari candi sukuh...
@cempaka : yuhuuuu... saling berkunjung... *kaya lebaran..*
@mel : waaaaaaaaaaaaah... lha kok malah tambah parah ntar insomnyaaaaah.....
@ivan : waaaaah... kasian lawan mainnya doooong,,,, hihihihihi
@penny : bagi pengangguran gimana jam tubuh bisa bekerja... hihihihihi :f
@ferdi : waaaaaah... kalo dari lahir dah insom kasian bapak nuuh.... *coz ibu ngurusin aku teruus...* :))
@santi : woaaaalaaaah... bisa dong kapan2 kopdar... hihihihihiihihihihihi
@jengsri : maturnuwun jeng...
@attaya : weeh kalo gitu besok minta tolong temen biar dibuatin program buat ngitung kambing... :?
@casual cutie : saran yang baguuuuss..... :~
@ijo : weeeh... aku bisanya tidur dikelonin bidadari... hihihihihiih....

23 Mei 2009 00.46

Dan jangan lupa do'a sebelum tidur ya?! xixixi....
Kunjungan balik nih hehe....

23 Mei 2009 01.54

insom gw kambuh neh blogwalking malam2 hehehe

23 Mei 2009 01.56

tipsnya keren ngga,.....
tapi aku kadang aja ngalamin ini, biasanya sih kalo siangnya udah tidur...

23 Mei 2009 02.35

@fernando : amin...
@edilaw : uyoooo..
@buwel : thanks....

24 Mei 2009 11.26

iya.. makanya skrg lebih baik ga tidur siang de.. :@

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

bagi yang koneksinya lagi sakit/make HP/kesulitan dengan kotak komentar dibawah, silahkan klik link kotak komentar klasik diatas untuk meninggalkan komentar

RanGGaGoBloG Copyright © 2009 TEMPLATESsimple black red by ranggagoblog templates