10 Juni 2009

AADC (Ada Apa Dengan Cermin)

wkawkawkawkak... judulnya agak jadul juga yaah... tuuh judul bukan judul pilem baru lhooo... bukan juga judul novel atau judul cerpen terbaru.... tapi niih judul sayah tulis karena kebetulan sayah ingin sedikit menyenggol tentang cermin...

sayah dulu punya sebuah cermin kecil di kamar sayah... karena kecilnya tuuh cermin... sayah hanya bisa melihat bagian wajah sayah jika bercermin... selama beberapa tahun cermin itulah yang selalu saya pakai.. dan otomatis selama beberapa tahun ini pula lah sayah hanya memperhatikan muka sayah ketika bercermin....

hingga suatu ketika... ada salah satu orang temen sayah yang mewariskan cermin gedhenya kepada sayah.. dengan cermin tersebut sayah bisa melihat seluruh badan sayah dengan utuh.... akhirnya cermin itu pun sayah pasang untuk menggantikan cermin kecil yang berada di kamar sayah....

setelah cerminnya terpasang.. ada satu hal yang begitu mengejutkan sayah... selama sayah menggunakan cermin kecil, tidak terlihat bagian tubuh sayah yang lain. selama ini saya hanya merawat bagian muka sayah, karena bagian itulah yang dulu selalu sayah liat selama bercermin.. hingga akhirnya sayah lupa untuk memperhatikan bagian badan sayah yang lain, hanya karena bagian tubuh sayah yang lain ini tidak terlihat oleh cermin.

cerita berlanjut ketika sayah pergi ke sebuah toko pakaian... setelah memilih beberapa potong baju sayah pergi ke kamar ganti untuk mengepas baju yang saya akan pilih,, kembali lagi sayah terkejut.. selama ini cermin besar dikamar sayah masih belum cukup.. karena ketika di toko pakaian sayah melihat cermin dengan dua sisi.,.. dimana satu sisi untuk melihat tubuh bagian depan. dan sisi satunyah untuk melihat tubuh bagian belakang.....

dari situ juga sayah mengerti bahwa ternyatah bagian tubuh belakang sayah belum terawat.. karena selama ini cermin besar dikamar sayah hanya menunjukkan bagian depan tubuh sayah dan tidak memperlihatkan bagian belakang tubuh sayah...

intinyah : janganlah kita hanya melihat sesuatu itu dari satu sisi saja... kita harus melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang yang berbeda. karena jika kita hanya melihat sesuatu hanya dari satu sisi sajah,, maka kita tidak akan bisa melihat sesuatu itu dengan jelas dan bijaksana....

nb : ada yang bisa menambahkan makna lain dari cerita si cermin inih...???

Artikel Terkait:

21 comments

10 Juni 2009 12.24

cermin itu utk melihat diri kita sendiri apakah udh baik ato belom

10 Juni 2009 12.44

waduhh... ga nyangka juga di bagian akhir bkal ada ksimpulan yg gtu. kirain emg cuma mo ngebahas cermin ama baju baru doank, hehehe... becanda sob. slm kenal ya :)

10 Juni 2009 12.58

cermin adalha tempat kita berinstropeksi...sekaligus jadi tempat kita menarsiskan diri. hihihihi :))

10 Juni 2009 13.11

Ada 1 sifat yg jelek, dia memutar balikan kenyataan. kiri jadi kanan.. (nah, kalo itu wataknya sapa?)
Mending bener kata mba BrenciA, intropeksi diri bae..

10 Juni 2009 13.38

@linda belle : setujuh...
@indri : salam kenal...
@brencia : walah.. always narcis daah... hihihih
@chuank : hwehwhehwhe... ada juga ternyata sifat jeleknya yaah...???

10 Juni 2009 13.47

Hmmm, "makna lain dari cerita si cermin"? Apa yaaa... "buruk muka cermin dibelah", artinya: ga ada kerjaan, cermin kok dibelah, :))

10 Juni 2009 14.41

sekedar nambahi mas, tapi intinya sama..
saat sampan bercermin ke cermin yang lebih besar sampean melihat bagian yang gak kerumat.
Seperti itulah manusia mas, terkadang manusia melihat dirinya sudah sempurna dengan tanpa terasa dirinya telah dimakan oleh perasaan sombong tapi sebenarnya dibalik kelebihannya itu terdapat kekurangan-kekurangannya yang tidak pernah dia urus sama sekali... mungkin begitu mas..

10 Juni 2009 17.37

cermin yah?! ehm,,apa yah?! salah satu media kita untuk introspeksi mungkin?! lewat cermin kita bisa melihat kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita...

eh,, udah pernah baca tentang teori cermin belum??! bagus tuh :)

10 Juni 2009 18.08

Bagus juga ceritanya.., dapat diambil hikmah yang luar biasa. Jadi, biasakan utk introspeksi saat berada di depan cermin ya ?! ^_^

10 Juni 2009 18.38

Ibarat kata pepatah
buruk muka cermin di belah..
jadi seblum bercermin
siap2lah bawa golok..
siapa tahu mau membelah cermin
(artinya = wajah kita emang jelek..he..he)

10 Juni 2009 21.07

hahaha.. kalo gak pake spasi jadi :rangga goblog (baca:goblok) hehe.. pis V :D

10 Juni 2009 21.39

ella dapat kata2 bagus dari buku to kill a mockingbird "kau tidak akan pernah bisa memahami seseorang hingga kau melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya...hingga kau menyusup ke balik kulit dan menjalani hidup dengan caranya"

cermin....untuk melihat refleksi kita...tapi juga bis melihat orang2 sekitar kita..dari sudut pandang berbeda
hehehhh

10 Juni 2009 22.41

cermin itu buat gosok gigi hehehehe,

beneran lho, bagus banget ....

mmm

sumpah deh

:D

11 Juni 2009 01.17

Setujuuuu...
pulang dulu ach, mo bercermin ;;)

11 Juni 2009 01.20

Sip.. stuju bngt. Jangan melihat sbuah prmasalahan dari satu sisi aja.

Sob... skalian mau minta pndapatnya tentang arti cinta.

11 Juni 2009 01.45

its very nice blog, and good posting, and free domain for your ,
its free doamin .com,.net and other for information visit my site Free Domain

and dont forget visit my blog
body Tatto Cool
Family Healthy
Vagina Healthy
Tips And Trick Seo
Kolektor Photo

11 Juni 2009 13.03

cermin untuk melihat jti diri kita yg sesungguhnya...

bukan hanya apa yg terlihat diluar..., tapi juga di dalam...

12 Juni 2009 09.42

dg cermin memang kita bisa melihat diri kita sendiri.... dan kayaknya 2 cermin masih belum cukup untuk melihat diri kita sendri....

6 November 2009 14.33

Kadang-kadang juga perlu "cermin" dari orang lain kok.. biar tau, gimana sihhh kita di "cermin" mereka??
Nice posting, bro. :)

5 Maret 2015 09.10

yang jelas cermin itu dapat menggambarkan kita sebagai makhluq ciptaan yang maha kuasa,tentu banyak kelebihan dan kekurangan jika di bandingkan dg manusia lain

5 Maret 2015 09.11

bagus sekali nih perumpamaannya

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

bagi yang koneksinya lagi sakit/make HP/kesulitan dengan kotak komentar dibawah, silahkan klik link kotak komentar klasik diatas untuk meninggalkan komentar

RanGGaGoBloG Copyright © 2009 TEMPLATESsimple black red by ranggagoblog templates