10 November 2009

Parlemen Online

hehehehe... apaaan tuuuh,,,, buat judul kok aneh aneh aja.... bagi sebagian orang mungkin istilah parlemen online emang masih sangat awam... mungkin juga termasuk bagi ranggagoblog sendiri.... oke oke... biar jelas arti dari istilah ini sendiri mari kita kupas satu persatu makna dari tiap kata dalam istilah tersebut.....

Parlemen adalah sebuah dewan perwakilan rakyat dengan anggota yang dipilih untuk satu periode. sedangkan online adalah kegiatan yang dilaksanakan melalui tekhnologi internet... jadi jika digabungkan kedua makna kedua kata tersebut, parlemen online bisa diartikan sebagai dewan perwakilan rakyat yang dijalankan melalui media internet atau dunia maya...

trus apa bedanya dengan parlemen yang duduk di gedung bundar sono...??? tentunya sangat berbeda.. dalam parlemen online ini rakyat bisa langsung mengemukakan pendapatnya kepada khalayak umum bahkan untuk menarik perhatian pemerintah.. jadi dalam parlemen online ini rakyat tidaklah membutuhkan sebuah perwakilan.. dalam parlemen online rakyat bisa dengan bebas menyampaikan pendapat dan kritikannya kepada pemerintah..

media yang dapat digunakan untuk parlemen online ini sebenarnya sangatlah banyak... terbukti saat ini telah banyak muncul di facebook group group maupun cause untuk mendukung maupun mengkritisi kinerja pemerintah contoh terbaru yang sedang marak adalah group sejuta dukungan untuk pembebasan bibit dan chandra. dalam media lain hal seperti in pun pernah muncul dan ramai diperbincangkan di mailing list.. bahkan pemberitaan ini juga sempat membuat gempar masyarakat blogger... tentunya kawand semua masih ingat mengenai tragedi ibu Prita bebebrapa waktu yang lalu... dengan mengemukanya suara rakyat secara langsung, keadilan bagi ibu Prita bisa ditegakkan

keuntungannya tentu sudah jelas... yaitu dalam parlemen online ini kita semua bisa menyampaikan pendapat kita, tanpa terbatas umur golongan maupun tingkat pendidikan... namun dibalik itu semua tentunya tidak menutup banyaknya efek negatif yang akan muncul.. seperti dengan kebebasan yang ada terkadang muncul isdtilah black campaign, belum lagi terkadang cemoohan maupun cacian kerap keluar dalam diskusi maupun forum yang ada. kebebeasan yang tersedia juga akan mempersulit bagi kita untuk mengontrol golongan umur yang masuk atau turut bersuara dalam parlemen online..

muncul sebuah pertanyaan dalam benak saya kenapa saat ini banyak bermunculan hal hal seperti ini... apakah mungkin rakyat sudah benar benar kehilangan kepercayaan kepada parlemen beneran yang duduk digedung bundar itu... apakah kesalahan rakyat mencoblos para anggota legislatif pada pemilu taun lalu...?? ataukah para legislatiflah yang telah mengingkari kepercayaan para pendukungnya...??? atau para anggota legislatif berpikir merka bisa bertindak sesuka mereka karena merasa telah "membeli" masyarakat pada pemilu kemarin....???

tentunya kita sebagai masyarakat harus bangga kepada bangsa dan negara... saya kira banyaknya parlemen online yang bermunculan adalah wujud rasa dan bangga masyarakat kepada INDONESIA tercinta ini... masyarakat tentunya berharap yang terbaik bagi bangsa dan negara... terlepas dari positif negatif parlemen online ini... marilah kita terus berjuang untuk mewujudkan INDONESIA yang ADIL dan BERADAB......

Artikel Terkait:

13 comments

10 November 2009 14.51

media maya memang sudah mulai menunjukkan taringnya. Ia dapat lebih menggigit saat dunia nyata tengah ompong. Patut dikritisi juga, selalu ada dua sisi mata uang. Tinggal bagaimana manusia dapat memberi dan mengambil manfaat dari sebuah teknologi.

Good idea!

10 November 2009 15.17

ternyata lebih ampun media online ya. hehehe..

10 November 2009 15.20

parleman online????
yakin bisa berjalan lancar nggak tuh???????

10 November 2009 16.25

online..online.. hampir semua orang yang melek teknologi sekarang ga bisa lepas dari dunia maya ya.
\Dan jenis parlemen satu ini, semoga membawa dampak yg baik..

10 November 2009 16.55

yuna : tergantung kita sebagai penindak dan pengawasnya... hehehehehe soalnya parlemen online rata rata tidak punya landasan hukum,,,,

10 November 2009 17.09

@all thanks udah mampir...

10 November 2009 21.49

Asal dapat berjalan sesuai dengan harapan sih pasti bagus sekali... hehehe

10 November 2009 22.48

Wah baru tahu nih info.. Ternyata perkembangan IT sudah mulai tampak di Negeri kita Ini...

"Slamat Hari Pahlawan"

11 November 2009 00.16

parlemen online?

bagus juga idenya ngga..

semoga aja kalo terealisir bisa berjalan lancar ya.

11 November 2009 13.08

aneh2 aja ada parlemen online....

11 November 2009 13.14

semoga ga anget anget tai ayam ya :P

13 Januari 2014 13.13

Tapi parlemen online kayaknya bakal cuma jadi tempat nyalah-nyalahin kerjaan parlemen benerannya :(

16 Januari 2017 17.06

wah ngeri kalo maen online riskan hacker

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

bagi yang koneksinya lagi sakit/make HP/kesulitan dengan kotak komentar dibawah, silahkan klik link kotak komentar klasik diatas untuk meninggalkan komentar

RanGGaGoBloG Copyright © 2009 TEMPLATESsimple black red by ranggagoblog templates