23 Desember 2009

Luna Maya DAn Dunia Maya

belakangan ini publik tanah air sedikit digemparkan lagi oleh masalah perseteruan artis dan wartawan. dalam beberapa berita yang saya lihat dan dari beberapa kabar yang saya peroleh, baik dari kabar burung maupun kabar dari media cetak. beberpa waktu yang lalu artis cantik Luna Maya dilaporkan oleh pihak wartawan infotaintment karena dianggap melecehkan profesi seorang wartawan infotaintment.

hal ini bermula dari kejadian saat luna maya sedang menggendong anak ariel. saat itu tanpa sengaja salah satu kamera wartawan infotaintment mengenai kepala anaknya ariel. dan setelah itu terjadi beberapa kejadian yang kurang saya mengerti. lalu malamnya Luna Maya curhat melalui Tweeternya... dalam tweeternya luna menyebutkan bahwa wartawan infotaintment lebih rendah derajatnya daripada pelacur.

akhirnya ke esokan harinya parra wartawan infotaintment tidak terima dan melaporkan luna maya ke polisi. yups salah satu kejadian yang belakangan ini marak terjadi, sebuah kasus yang muncul akibat ketidak hati2an dalam penggunaan aplikasi dalam dunia maya.

mungkin kali ini saya akan sedikit menyoroti tentang para wartawan infotaintment sendiri. menurut pandangan saya, dan ilmu yang sedang saya pelajari. sebenarnya masih dipertanyakan tentang apakah layak seorang wartawan infotaintment disebut sebagai wartawan. menurut ilmu yang saya pelajari mereka (wartawan infotaintment) sebenarnya tidak layak disebut sebagai jurnalis.

hal ini sebenarnya di sebabkan oleh perilaku menyimpang para pencari berita infotaintmen ini sendiri. kebanyakan dari mereka menginjak injak harga diri profesi wartawan dengan menyebutkan bahwa mereka adalah wartawan, namun mereka dengan jelas dan gamblang melanggar apa yang disebutkan dalam kode etik jurnalisme.

oleh karena itu, sebenarnya secara tidak langsung para pencari berita infotaintmen ini dari jauh jauh hari sebenarnya telah menginjak injak harga diri mereka sendiri.

selain itu, terlepas dari siapa yang salah dan siapa yang benar. harusnya kedua belah pihak lebih bisa menelaah lagi tentang kasus antara pencari berita infotainment dan artisnya sendiri. tidak bisa dipungkiri artis dan para pencari berita infotainmen adalah dua hal yang saling berhubungan. bahkan keduanya pun bisa dibilang saling melengkapi.

pencari berita infotaintment tanpa artis gak ada gunanya. bahkan merka pun terkadang rela membuntuti artis kemanapun mereka berada untuk mendapatkan berita. sang artis pun tanpa pencari berita infotaintment juga kurang lengkap. tak bisa dipungkiri infotaintment banyak berpengaruh terhadap kepopularitasan mereka. bahkan kadang terjadi ada artis yang rela membayar pencari berita infotaintment untuk memberitakan tentang si artis demi mendongkrak kepopularitasan mereka.

jadi menurut saya hendaknya kasus ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan. toh sebenarnya tidak ada yang dirugikan dalam kasus ini. hendaknya kasus ini bisa dijadikan pelajaran bagi kedua belah pihak. bagi pihak pencari berita, hendaknya mereka lebih bisa menjaga martabat mereka sendiri jika mereka ingin disebut sebagai wartawan, dan tidak dilecehkan oleh para artis. bagi pihak artis, atau siapapun juga, hendaknya lebih bisa berhati2 dalam mengungkapkan isi hati ke dunia maya.

=====
update
=====

beberapa artikel yang akan menambah wawasan tentang postingan ini :

Artikel Terkait:

37 comments

23 Desember 2009 17.50

Wah 9 komentar diborong sama mas Dasir..
rupanya infotainment menjauh gak jadi masalah
soalnya Luna Maya menjadi negtop di bicarakan di blog
aku juga ngomongin, meski engga menyangkut Luna Maya secara utuh
disini : http://tutorial-words.blogspot.com/2009/12/arrogant-press-vs-arrogant-celebrities.html

ada juga yang judulnya sama persis dengan postingan ini
disini : http://lookj.blogspot.com/2009/12/luna-maya-dan-dunia-maya.html

ha..ha kok kebetulan banget ya??

23 Desember 2009 18.08

hihihihih... selamat ya tik... akhirnya dapet pertamax... kwkwkwkwkwk....

ooo iya... udah saya liat tadi postingan dengan judul sama.. hihihihihi

23 Desember 2009 18.09

luna maya dan wartawan.
kayaknya emang lagi jadi berita banget ya...
aku setuju tuh, mending masalah kayak gini di selesein secara baik baik...

23 Desember 2009 18.17

Kalau diterusin pengacara bakal ikut kecipratan rejeki!
Wartawan lain bakal nempel terus Luna Maya, atau boikot! Yang untung yang nempel! Jangan boikot! Anak menanti jerih payahmu!

23 Desember 2009 18.31

manajemen konflik, biar makin tenar :D

23 Desember 2009 18.35

Rangga, dah baca belum tulisan mbak dewi lestari tentang hal yang sama juga. di http://dee-idea.blogspot.com/.
btw, Rangga calon jurnalis ya ? hehehe...Nanti kalau dah jadi jurnalis beneran jangan lupain kode etiknya ya. Good Luck, bro !

23 Desember 2009 18.36

Wartawan dan artis itu seperti tutup dan botolnya,cocok.karena profesi mereka saling berkaitan erat.salah satu tidak ada,pastinya tidak akan menghasilkan.Seperti halnya perseteruan Luna maya dan wartawan saat inipun sebenarnya menghasikan lho...walau menurut mereka berseteru ,tapi nama mereka kan kian dikenal ,iya kan ?

23 Desember 2009 18.52

Benar sob..sebaiknya masalah ini diselesaikan dgn lapang dada, krn gak ada pihak2 yg dirugikan, toh hanya sebaris kata-kata yg tidak meruntuhkan dunia

23 Desember 2009 19.14

Untung diriku bukan seorang artis, hihihi....

Yap, harusnya antara wartawan infotainment dan si artis terjalin hubungan yang baik, kan saling menguntungkan juga. Si artis jadi semakin populer dan si wartawan dapet duit, hehehe...

Dan kasus ini jua menjadi pembelajaran buat kita semua bahwa ga semua yang kita rasakan mesti diketahui banyak orang (dengan mengapdet status atau tulisan yang tidak pantas).

23 Desember 2009 19.18

setuju mas rangga

ato jangan2 yang ingin cari popularitas malah wartawannya sendiri,,,mungkin aja para wartawa infotaimen bosen gitu kalo selalu memopulerkan artis,,,jadi sekali-kali pengen nyoba jadi populer gitu,,,hehehehehehheehehehhe

23 Desember 2009 19.50

biarkanlah mereka dengan posisinya masing-masing. mana baiknya aja deh,

23 Desember 2009 19.54

wartawan dan artis.....bisa jadi simbiosis mutualisme.....

23 Desember 2009 20.10

@yuna : mumpung masih hangat.. hihihihihi
@achmad : hehehehehe... blogger juga jadi untung... ada bahan postingan
@sibaho : thats good... makasih mas udah mengingatkan saya... satu hal yang saya luppakan dalam pembahasan kali ini...
@lina : terimakasih mbak atas rujukannya
@ateh : walllahu alam mbak... hihihi
@dinoe : setuju
@hijau lumut : hehehehe... minta tanda tangan dulu akh.... keburu jadi artis ntar....
@dees : bisa jadi itu.. hihihihi
@bang ais : setuju
@fajar : kadang kadang memang bisa seperti itu...

23 Desember 2009 20.16

gag bela luna gag bela wartawan.. Bukan fans luna juga.. Tapi aku cuma mo bilang, wartawan itu mikir dong, bahasa mereka yg kadang ngegosip macem2,artisnya diem aja. Giliran kayak gini aja dibesar2in. bener rangga, kagak layak mereka disebut wartawan. Tmenku yg wrtwn aja SEBEL ama wrtwn infotainment yg nyebut dirinya WARTAWAN... PISSSS YOOO

23 Desember 2009 20.35

@ducky : aku juga gak belain sapa sapa...... heheheheheh

23 Desember 2009 21.08

Owh jadi artis yang diributin thu luna maya tho, aku ngga pernah nonton tipi, ngga pernah baca koran juga, kenapa ada pertengkaran, kalao damai lebih indah, dan menjanjikan kebaikan ,heheheh [sok bidak :D]

23 Desember 2009 21.25

menurutku itu semua permainan buat nambahi rating acara2 infotainment :), btw setuju dengan dirimu kalau soal etika jurnalistik,,,tq 4 share :)

23 Desember 2009 21.47

Menarik sekali ulasannya... tapi aku memang tak suka nonton acara infotainmen.. Beritanya mengada-ada sih..

23 Desember 2009 23.15

Sebaiknya, lakukan tugas masing2 jangan saling bermusuhan.

Anonim
23 Desember 2009 23.26

MAJU TERUS LUNA MAYA. ITU ADALAH ARTI TANGGUNG JAWAB YANG ANDA PIKUL MENJAGA BUAH HATI KEKASIH ANDA. WARTAWAN INFOTAIMENT HARUSNYA JUGA BISA INTROPEKSI DIRI. BERKACALAH DAHULU SEBELUM MENYALAHKAN ORANG LAIN. BOIKOT WARTAWAN INFOTAIMENT.....YOK...YOK....YOK.

23 Desember 2009 23.58

@inuel : akhirnya datang juga
@aulawi : trimakasih
@mbak reni trimakasih mbak
anonim : terimakasih komentnya.. tapi jika anda kesatria kenapa tidak meninggalkan sedikit tanda untuk berbagi...

24 Desember 2009 00.44

Kok kebeneran nih, baru aja aku dari blognya mbak Dewi Lestari sebelum ke sini. Tapi, apapun yang terjadi..Luna Maya itu tetap cantik hihihihi..

24 Desember 2009 00.49

Untung aja aku bukan termasuk jurnalis infotainment. Tapi kalo kebetulan ada artis ke kotaku, ya cukup diliput aja da diinterview tanpa mengulik sisi privacy sang artis. Cukup menguliti seputar show, dsb.

24 Desember 2009 02.23

Aku kalo ngomongin lunmay eh inpotemen bakal dilaporin jg ga?

24 Desember 2009 08.33

Perkembangan terakhir luna maya sudah meminta maaf tapi minta maafnya hanya kepada twitter karena ia menggunakan media itu sebagai tempat menulis kalimat itu btw syukurlah mas km dapat 1 laptop, 1 printer, 1 lcd, 1 modem gsm hsdpa

24 Desember 2009 09.49

Kabar terakhir tuntutannya udah dicabut kan?
Aku sampe serem loh, jangan2 nanti kalo aku ikutan protes/ngeluh di dunia maya, soal restoran, mall, dll, malah kena hukum juga huhu

24 Desember 2009 10.08

aku malah banyak ketemu pekerja berita yang melakukan penyimpangan etika
hmmmm... kaco deh

24 Desember 2009 10.59

aku sih belain Luna Maya. meskipun pernyataan dia di status twitter itu gak baik, tapi namanya emosi yang memuncak??
dia kan gitu karena selama ini kekesalannya pada infotaintment menumpuk jadi satu.
wartawan infotainment di indonesia emang keterlaluan sih menurutku. di luar negeri kayaknya gak seperti itu, bahkan di inggris sekalipun.yang seharusnya terkenal ganas paparazinya.

24 Desember 2009 14.08

oh begitu ceritanya....
thanks ya...

24 Desember 2009 14.09

artis dan infotainment kan bekerja sama...kenapa bisa begitu ya?

24 Desember 2009 14.12

Mungkin juga demi mengejar rating & sebutan berita (baca: gosip) paling apdet hingga ga dipikir apakah cara2 yang dipake udah taat norma ato kagak :)

24 Desember 2009 14.55

jadi yang cari berita untuk infotainment itu bukan wartawan ya...? Ngga malu ya...

24 Desember 2009 19.05

Smoga mslah ini cpat selesai biar berita2 gak itu2 aja isinya..

25 Desember 2009 00.35

kayaknya berita tentang luna maya emang santer banget ya..sampai-sampai metro tv *yang biasanya ga pernah membahas tentang berita artis* ikutan juga

25 Desember 2009 14.38

yah.... kedua2nya tambah tenar deh sekarang.
karena memang benar antara artis dan wartawan infotainment adalah sebuah simbiosis mutualisme.

25 Desember 2009 16.02

iya Ngga, aku sebagai jurnalis kampus juga sering ngga rela mereka mengatasnamakan profesi wartawan tapi.... kok ya ngga patuh sama kode etik jurnalistik.. hwaaah ha ah aku udah baca tulisannya mbak dewi lestari.. link berikutnya akan segera dikunjungi. thx ya Ngga..

5 Juni 2010 05.58

permisi... mo nambahin Download link nih bro bagi yg mo download ke-2 video mesum-nya Luna & Ariel (MP4) (2010)

http://cramit.in/i2p6lshp5yxl
atau
http://depositfiles.com/files/drvkc7gzq

Wassalam...

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

bagi yang koneksinya lagi sakit/make HP/kesulitan dengan kotak komentar dibawah, silahkan klik link kotak komentar klasik diatas untuk meninggalkan komentar

RanGGaGoBloG Copyright © 2009 TEMPLATESsimple black red by ranggagoblog templates