12 Desember 2009

Sudahkah Anda Berbahasa Indonesia Dengan Baik

Sudahkah anda berbahasa indonesia dengan baik dan benar?
buat apa sih, kalau kalian berpikir demikian berarti sama dengan pemikiranku dulu kenapa kita harus berbahasa Indonesia yang baik dan benar.. bagi sebagian dari kalian pasti pernah merasa ribet dan susah jika harus dituntut untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

saya dulu juga berpikir demikian, ribet harus berbahasa Indonesia yang baik dan benar, apalagi jika harus menulis dengan tuntunan menulis tulisan baku berbahasa Indonesia. mungkin juga bagi beberapa blogger mending berusaha untuk belajar menulis dengan bahasa Inggris yang benar di blog, daripada harus menulis dengan tuntunan baku bahasa Indonesia.

tapi sebaiknya pemikiran pemikiran yang salah tentang keribetan menulis dengan tuntunan baku berbahasa Indonesia itu harus segera dihapuskan. karena setelah saya pikir2 lagi merupakan kerugian besar bagi kita para blogger jika tidak menulis dengan tuntunan baku bahasa Indonesia.

kenapa??? ya karena kita tidak pernah menutup kemungkinan bahwa tamu blog kita berasal dari negara asing. mungkin saja suatu saat ada bule yang tersesat membaca postingan atau tulisan kita, lalu ketika si bule ribet membaca tulisan dengan bahasa Indonesia pasti si bule akan berusaha mentranslate blog kita lewat mbah google translate... heheheheh...

disinilah masalah akan muncul jika kita tidak terbiasa menulis dengan tuntunan baku bahasa Indonesia, mbah google akan mentranslate blog kita setengah setengah karena mbah google bingung dengan bahasa Indonesia yang tisak baku.. hihihihi... dan kemudian si bule pun akan ilfil karena si bule pasti akan lebih bingung membaca bahasa Inggris hasilan mbah google yang acak acakan..

kenapa rugi?
karena dengan semakin bermacamnya ras visitor yang mengunjungi blog kita, tentunya akan mendukung rangking blog kita dimata dunia. blog yang memiliki visitor dari berbagai macam negara akan mendapatkan perhatian khusus dari mbah google. dalam dunia SEO pun hal ini juga sangat penting, dengan semakin heterogennya visitor blog kita, maka akan lebih mudah untuk menaikkan rangking blog kita di mata mbah google...

tapi menurut saya yang terpenting adalah dengan bangga berbahasa indonesia yang baik dan benar, berarti kita juga bangga akan bangsa kita sendiri... kalau bisa harusnya bahasa Indonesia lah yang harusnya jadi bahasa internasional... hehehehe...

bagaimana...? siapkah kita berbahasa indonesia yang baik dan benar dari sekarang...??

Artikel Terkait:

33 comments

12 Desember 2009 pukul 20.56

Ya jelas sudahlah Rangga, saya guru Bahasa Indonesia!
Ada yang mau belajar bahasa Indonesia dengan saya?

12 Desember 2009 pukul 20.57

bahasa indoku kacau balau
suka dibalik" gara" 4 taon belajar bhs jepang yg bolak balik XD

12 Desember 2009 pukul 21.02

jujur ya...
agak susah. lidahku ini alami medok bahasa banyumas. bisa pakai bahsa indonesia yang baik dan benar hanya dalam tulisan...

12 Desember 2009 pukul 21.07

Yups, bener banget tuh. Aku siap..aku siap :)

12 Desember 2009 pukul 21.21

aku boso jowo wae mas hehehee
bahasa indonesia ne yo campur campur,

12 Desember 2009 pukul 21.22

alhamdulilah sekarangn bahasanya sudah lancar, walaupun agak gagap dikit hehehe

12 Desember 2009 pukul 21.53

font mu koyo font print out blonjoan

12 Desember 2009 pukul 23.19

pastinya,pergunakan bahasa negara kita dong,
kita harus bangga denagn bahasa indonesia,kalau bukan kita siapa lagi ??

12 Desember 2009 pukul 23.54

Setuju mas. Artikel yang berbahasa Indonesia baku akan lebih cepat ditranslate oleh Googgle dan mudah diakses oleh pembaca di luar negeri ketimbang pake bahasa prokem.

12 Desember 2009 pukul 23.56

Sepakat. Mari tunjukkan jati diri bangsa ini dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

13 Desember 2009 pukul 00.10

Saya paling kacau mas postingnya bahasa biasa amburadul

13 Desember 2009 pukul 00.33

Sepakat juga deh. Sepertinya kita memang ahrus terus berlatih menggunakan bahsa yang tertib lalu lintas. Hehehe

13 Desember 2009 pukul 03.26

bang, hari senin au ujian bahasa indonesia. dan aku takut remedial. padahal bahasa sendiri.

hayah!

curcol

13 Desember 2009 pukul 03.26

nangggung bang.

****************
KELIMAKS BELAXX!
****************

13 Desember 2009 pukul 03.30

@all : mari kita muali dari diri kita sendiri untuk berbahasa indonesia yang baik dan benar,.... hiohohihoh

13 Desember 2009 pukul 04.46

Aku sih udah dari dulu mas kepikiran yang kayak gitu..
"Apa gunanya aku masang google translate kalo aku posting nya mawut2 gini??"
Tapi rasanya aku masih nyaman sih pake bahasa indonesia yang kurang baik dan tidak benar...cuma di beberapa posting aku make bahasa Indobnesia kita dengan benar (ngeditnya lamaa..)

13 Desember 2009 pukul 06.46

jangankan visitor dari luar negri yang pake google translate untuk mengartikan kata2 yang kita posting... sayah ajah kadang suka kesulitan mencari kata2 dalam bahasa indo.. xixixi

ayo bangga berbahasa indonesia!

13 Desember 2009 pukul 06.49

Benar sekali teman..kita harus bangga menggunakan bahasa indonesia

13 Desember 2009 pukul 09.07

Oooww... begitu ya Ngga... tapi saya itu ndak kulina berbahasa Indonesia yg baku, ilatku wis kadung mlungker,

13 Desember 2009 pukul 12.29

aku ga terlalu bisa kalo bahasa Indonesia yang baku banget,, lagian kok kesannya jadi terlalu 'kaku' yah?! tapi dari kecil aku emang diajarin buat gunain bahasa Indonesia,, jadi walopun tinggal di Palembang, tapi aku tetep gunain bahasa Indonesia kalo di rumah...

13 Desember 2009 pukul 15.21

dgn kata lain, jgn bnyk pake bahasa gaul ya.

13 Desember 2009 pukul 16.07

Siiip. Saya malah ribet kalau menulis artikel berbahasa slank atau bahasa prokem, hehe (kecuali di kotak komentar). Berbahasa Indonesia yang baik dan benar, sebaiknya dilakukan.

13 Desember 2009 pukul 16.10

Saya akan berusaha berbahasa indonesia yg baik..benar nggak sob?..met weekend

13 Desember 2009 pukul 16.50

setiap kali nuLis artikeL trkadang saya kbiasaan ngetik chat kebawa2...
jD smwa amburaduL dech...,

13 Desember 2009 pukul 19.24

Mending bikin 2 blog yg berbeda. Satu dgn bhs Indo, satunya boleh English...
Aku ada award buatmu. Ambil di blog Curhat Fanda ya!

13 Desember 2009 pukul 20.44

Kasihan mbah Gugel kalau menemukan tulisan yg penuh dg bahasa gaul ya...? "Gimana juga translate-nya ?" gitu kali pikirnya hahaha..

13 Desember 2009 pukul 21.37

towewennnggg toweweeenggg...ngga sepenuhnya baku sih Ngga, kalo aku

13 Desember 2009 pukul 22.39

Wah terus terang belum nih sobat.. malah bahasa indonesianya tambah amburadul nih dengan maraknya bahasa gaul.. apa nyokap, bokap. bro, pembokat.. atau bahasa2 bloger lainnya itu bahasa Indo yg baik ?? hehe..

13 Desember 2009 pukul 22.42

Waduh ada yg lupa nih sobat.. dah saya follow tuh.. di folowback ya.. n lam kenal

14 Desember 2009 pukul 07.00

i2 = itu
x = nya
kzt = ke situ
dan seribu satu kreasi lainnya... Sementara, belum pernah saya menemukan orang menulis dalam bahasa asing, Inggris misalnya, dan dikreasikan dengan cara yang sama. Sedih :(

14 Desember 2009 pukul 23.19

Salut buat mas rangga yang masih peduli dengan bahasa kebanggan kita semua.

akhir-akhir ini saya juga sedang bermasalah dengan tatanan bahasa indonesia yang baik dan benar menurut EYD yang sudah disempurnakan terkait denga pengerjaan tugas akhir, hampir satu bab disalahin semua hanya karena susunan bahasanya, sedikit mengeluh dan heran karena saya berkuliah dijurusan teknik bukan sastra indonesia (biasanya orang teknik tidak terlalu mempersoalkan susunan atau tatanan kalimat yang baik dan benar dengan rumus SPOK).

16 Desember 2009 pukul 09.54

belom baik dan benar sih
cuman...sudah bangga berbahasa indonesia.hehe

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

bagi yang koneksinya lagi sakit/make HP/kesulitan dengan kotak komentar dibawah, silahkan klik link kotak komentar klasik diatas untuk meninggalkan komentar

RanGGaGoBloG Copyright © 2009 TEMPLATESsimple black red by ranggagoblog templates